Home
Academy
Knowledge Center

Bagaimana cara packing barang besar?

Sebelum Anda mempercayakan barang jualan Anda ke jasa pengiriman, ketahui terlebih dahulu langkah-langkah packing barang besar di bawah ini:

1. Gunakan kemasan yang tahan lama

Karton bergelombang adalah bahan kemasan yang tebal dan kokoh yang dapat menahan beban kotak penuh yang ditumpuk satu sama lain. Dan harus direkatkan dengan baik sehingga dapat melindungi kotak dari sobekan atau robekan bahkan jika bahan bantalannya telah rusak. Selalu gunakan kotak baru yang tidak berlubang atau sobek saat mengemas barang berukuran besar untuk memastikan perlindungan maksimal.

2. Tambahkan bantalan dalam kardus

Bantalan yang tepat di sekitar barang kamu mengurangi kemungkinan kerusakan bahkan jika kiriman kamu salah penanganan selama transit. Gunakan bahan bantalan padat seperti styrofoam atau penutup busa yang direkayasa untuk memperkuat kotak. Hindari juga kertas kusut untuk produk yang besar dan tebal karena bahan ini lebih mudah dikompres dibandingkan jenis bahan bantalan lainnya.

3. Hindari membuat barang terlalu berat

Kotak yang terlalu berat kemungkinan besar akan terjatuh karena sulit ditangani. Pisahkan paket berat menjadi beberapa paket dan pertimbangkan untuk membongkar produk jika memungkinkan agar lebih mudah diangkut.

4. Tempatkan kiriman di atas palet

Kiriman yang lebih berat lebih mudah dipindahkan jika diletakkan di atas palet (platform yang terbuat dari kayu atau plastik yang dirancang untuk menahan tekanan saat memuat dan membongkar kiriman yang berat). Berhati-hatilah agar kiriman kamu tidak melebihi batas berat palet. Juga tempatkan barang-barang berat di tengah untuk mencegahnya miring saat forklift membawa palet.

5. Goyangkan paketnya

Sebelum menyegel tutup atas, goyangkan kotak untuk melihat apakah isi di dalamnya bergerak. Jika bagian dalam meluncur secara signifikan, itu mungkin karena bantalan yang tidak memadai atau tidak terpasang dengan baik. Jika ada suara gemerincing, itu mungkin karena benda-benda lepas yang dapat dengan mudah memecahkan benda-benda rapuh lainnya di dalamnya.

Untuk mengurangi kemungkinan barang rusak pada saat kedatangan, atur ulang dan kemas ulang kiriman kamu sampai kamu tidak dapat mendengar barang bergerak lagi. Banyak operator akan menolak menerima paket jika isi di dalamnya terdengar tidak stabil atau longgar.

© 2024 PT. Selalu Siap Solusi
Made with ❤️ from Palagan, Yogyakarta