Home
Academy
Knowledge Center

Bagaimana cara packing barang kecil?

Sebelum Anda mempercayakan barang jualan Anda ke jasa pengiriman, ketahui terlebih dahulu langkah-langkah packing barang kecil di bawah ini:

1. Tempatkan produk dalam kotak kardus.

Untuk sebagian besar produk yang memenuhi syarat untuk pengiriman paket, kotak kardus lebih baik daripada tas plastik atau kain karena memberikan perlindungan lebih. Dan idealnya kamu harus menggunakan yang baru yang tidak rusak, sobek, atau bengkok.

2. Isi kotak dengan bahan bantalan

Saat kamu meletakkan produk di dalam kotak, harus ada jarak dua hingga tiga inci di setiap sisi untuk memungkinkan bahan bantalan seperti styrofoam, bubble wrap atau kertas. Ini melindungi barang dari benturan keras dan juga mencegahnya bergerak di dalam kotak. Jika kamu mengirimkan produk elektronik, pastikan untuk melindunginya dengan bahan anti statis terlebih dahulu sebelum melapisinya dengan busa, bubble wrap, atau kertas kusut.

3. Rekatkan dengan selotip

Setelah mengisi kotak, kamu menempelkannya dengan selotip untuk mencegah paket kamu terbuka secara tidak sengaja. Kemasan atau lakban cukup kuat dan lengket untuk menjaga kotak kamu tetap tersegel selama proses pengiriman. Biarkan tutup atas terbuka dan rekatkan di bagian paling akhir jika kamu harus menukar barang atau menambahkan lebih banyak barang di dalamnya.

4. Termasuk label dan informasi yang relevan

Ada beberapa label dan informasi relevan yang harus kamu sertakan dalam paket kamu. Ini membantu operator kurir atau ekspedisi membawa kiriman kamu ke tujuan yang dituju, seperti;

  • Alamat pengambilan dan pengiriman yang kamu tulis di bagian luar kotak.
  • Dua salinan label jika operator ekspedisi membutuhkannya. Tempelkan satu di luar dan tinggalkan yang lain di dalam kalau-kalau yang di luar robek.
  • Timbang paketnya untuk mengetahui kisaran ongkos kirim barang kamu.
© 2024 PT. Selalu Siap Solusi
Made with ❤️ from Palagan, Yogyakarta