Home
Academy
Knowledge Center

Cara Cetak Resi Melalui Dashboard

Resi adalah nomor yang diberikan oleh ekspedisi untuk menghubungkan data antara kamu, pihak ekspedisi, dan KiriminAja. Kamu bisa mencetak beberapa resi sekaligus melalui dashboard, untuk paket yang telah diproses dengan Payment ID yang sama.

A. Pengertian Resi

  1. Resi juga dikenal sebagai Airway Bill (AWB), yaitu dokumen yang berisi persyaratan, kondisi tertentu, dan semua informasi tentang pengiriman. Satu resi hanya akan mewakili satu pengiriman, satu pengirim, dan satu penerima.
  2. Di dalam resi setidaknya harus memuat nama lengkap, alamat, dan nomor telepon penerima maupun pengirim paket.
  3. Resi berbeda dengan Order ID atau Nomor Referensi.

B. Cara Cetak Resi Melalui Dashboard

  1. Pastikan kamu sudah menyelesaikan transaksi (COD maupun Non-COD) untuk bisa mencetak resi. Cek kembali pada bagian “Belum Diproses” di halaman “Proses Paket” untuk menyelesaikan transaksimu.
  2. Selanjutnya, klik menu status "Belum di Expedisi" untuk cek status paketmu. Jika paketmu masih berstatus “Menunggu AWB”, tunggu sampai statusnya berubah menjadi “Menunggu Pickup” atau “Menunggu Drop-Off”. Setelah paketmu berstatus “Menunggu Pickup” atau “Menunggu Drop-Off”, klik icon mata untuk melihat detail paket.
  3. Di sini, kamu sudah bisa download dan cetak resi khusus satu paket ini, dengan klik tombol “Unduh Resi”. Jika kamu ingin cetak resi lain bersamaan (untuk resi dengan Payment ID yang sama), klik icon copy di samping Payment ID.
  4. Selanjutnya, klik menu "Pembayaran" yang ada di samping kiri, lalu klik menu status "Resi”.
  5. Pada kolom pencarian, klik tombol dropdown lalu pilih “Payment ID”. Tempelkan/paste Payment ID yang sudah kamu copy dan klik tombol enter. Akan keluar Payment ID yang memiliki beberapa paket di dalamnya, lalu klik tombol “Resi” di baris tersebut.
  6. Untuk bisa cetak beberapa resi sekaligus, pilih paket yang resinya ingin kamu cetak dengan mencentang box di sebelah kiri baris. Bisa beberapa resi saja, bisa seluruh paket yang tampil di layar. Jika sudah memilih, terdapat tombol melayang di bawah layar, klik “Print Resi”. Akan muncul tab baru untuk menampilkan beberapa resi tersebut.
  7. Pada tab baru tersebut, kamu bisa mengunduh file resi dalam format PDF untuk disimpan terlebih dulu, atau langsung print. Pengingat: Untuk bisa mendapatkan banyak resi dalam satu file PDF seperti ini, pastikan paket tersebut telah diproses sebelumnya bersamaan dengan paket lainnya, dalam satu sesi pembayaran yang sama. Sehingga, akan muncul satu Payment ID untuk beberapa paket.
  8. Jika masih terdapat langkah yang kurang jelas, kamu bisa bertanya melalui WhatsApp Customer Service KiriminAja di sini.
© 2024 PT. Selalu Siap Solusi
Made with ❤️ from Palagan, Yogyakarta