Home
Academy
Knowledge Center

Cara Menggunakan Landing Page Builder

Fitur Landing Page Builder memfasilitasi seller untuk mempublikasikan halaman website tertentu. Fitur ini masih dalam versi beta atau percobaan sehingga konfigurasi dan ketentuan penggunaan dapat berubah sewaktu-waktu. Yuk, simak tutorialnya berikut ini.

Cara Melakukan Konfigurasi Toko Online

  1. Masuk ke dashboard KiriminAja di https://app.kiriminaja.com/login, masukkan email yang terdaftar beserta password akun.
  2. Pada bagian “Landing Page” di sebelah kiri, klik menu “Konfigurasi”. Unggah logo toko dengan cara klik kotak “Logo Toko” lalu pilih gambar yang ingin diunggah. Pastikan format gambar PNG, ukuran gambar 240x120 px, dan ukuran file maksimal 2 MB.
  3. Selanjutnya, unggah icon dengan cara klik kotak “Icon Toko” lalu pilih gambar yang ingin diunggah. Pastikan format gambar PNG, ratio gambar 1:1, dan ukuran file maksimal 2 MB.
  4. Pada bagian “Judul Toko”, masukkan nama toko kamu. Pastikan nama toko terdiri dari 5-60 karakter.
  5. Masukkan subdomain sebagai alamat website toko online. Subdomain bisa diambil dari nama toko kamu, atau kata-kata yang mudah diakses oleh customer. Pastikan subdomain tidak mengandung karakter spesial dan spasi. Contoh: Jika subdomain kamu “baikhatistore” maka alamat website kamu adalah “baikhatistore.tauku.com”.
  6. Pilih warna brand sebagai tema website toko online kamu. Klik pada kotak atau kode warna, lalu geser tombol lingkaran untuk menemukan warna yang kamu inginkan.
  7. Masukkan nomor telepon bisnis yang terdaftar di WhatsApp agar customer bisa langsung menghubungi kamu saat mengklik widget WhatsApp di halaman website. Jika semua data sudah lengkap, klik tombol “Simpan Perubahan”.
  8. Klik tombol “Mengerti” pada pesan konfirmasi bahwa konfigurasi toko online kamu sudah berhasil disimpan.

Cara Membuat Landing Page Baru

  1. Pada bagian “Landing Page” di sebelah kiri, klik menu “List”. Untuk membuat landing page baru, klik tombol “+ Buat Landing Page” di sebelah kanan atas.
  2. Lengkapi Judul Halaman dan Slug. Slug adalah teks yang ada di dalam alamat landing page. Slug sebaiknya menjelaskan isi konten landing page secara sekilas. Contoh: Jika slug kamu “makanan-favorite” dengan alamat website “baikhatistore.tauku.com”, maka alamat landing page kamu adalah “baikhatistore.tauku.com/makanan-favorite”. Kamu bisa memasukkan Facebook Pixel Tag dan Google Analytics Tag jika ada. Kedua tag tersebut adalah kode yang dipasang di website untuk mengumpulkan data dari aktivitas pengunjung website.
  • Facebook Pixel Tag bisa dibuat melalui Facebook Events Manager.
  • Pengaturan Google Analytics Tag bisa dilakukan di Google Ads, Google Analytics, atau Tag Manager.
  1. Klik tombol “Mengerti” pada pesan konfirmasi bahwa landing page kamu sudah berhasil disimpan.

Cara Atur Elemen Landing Page

  1. Landing page yang sudah kamu buat akan muncul di halaman List Landing Page. Kamu bisa mengatur elemen landing page melalui icon berwarna ungu pada bagian “Aksi”.
  2. KiriminAja sudah menyediakan template yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa menghapus atau menambahkan elemen sendiri. Misalnya terdapat banner di bagian atas landing page. Untuk mengedit teks, kamu bisa langsung klik pada teks yang ingin diedit.
  3. Jika kamu ingin mengubah gambar banner, silakan klik pada gambar banner tersebut.
  4. Pilih gambar yang ingin kamu tampilkan pada banner. Kamu bisa mengunggahnya melalui tombol “Add image”, atau tarik dan lepaskan gambar di tempat yang tersedia.
  5. Kamu juga bisa mengatur typography teks (seperti font, size, style, dll.) pada menu di sebelah kanan.
  6. Pada template, terdapat elemen untuk menampilkan icon di bawah banner. Di sini kamu bisa mengubah gambar icon dengan cara klik pada icon tersebut.
  7. Selanjutnya, terdapat elemen untuk menampilkan 3 gambar, judul, dan paragraf singkat. Tersedia juga elemen untuk menampilkan video dari Youtube. Di sini kamu bisa mengubah gambar, teks, dan link video untuk disesuaikan dengan konten bisnismu.
  8. Elemen selanjutnya berupa judul, gambar, dan paragraf yang lebih panjang. Di sini kamu bisa menjelaskan bisnis atau produkmu dengan lebih detail dan menambahkan tombol.
  9. Selanjutnya, terdapat formulir untuk mengumpulkan data nomor WhatsApp, nama, dan alamat para calon customer (leads). Data leads bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan penjualan, periklanan, dll. Kamu bisa mengakses data leads melalui menu “Leads” di dashboard KiriminAja.
  10. Selain itu, terdapat menu navigasi di bagian atas landing page. Kamu bisa mengatur teks dan link untuk masing-masing menu. Untuk mengatur link, klik icon settings lalu masukkan link pada bagian “Href”.
  11. Untuk menambahkan elemen baru, klik icon + di pojok kanan atas. Tersedia berbagai elemen yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.
  12. Jika sudah selesai mengatur elemen, jangan lupa klik tombol “Simpan” dan tombol switch di pojok kanan atas untuk mempublikasikan landing page kamu.
  13. Sekarang landing page yang kamu buat sudah berhasil dipublikasikan. Link landing page bisa dilihat pada halaman List Landing Page. Kamu juga bisa melakukan preview tampilan landing page melalui tombol berwarna merah yang ada di bagian “Aksi”.
  14. Untuk mengedit konfigurasi landing page, klik tombol berwarna biru pada bagian “Aksi”. Di sini kamu bisa mengedit Judul Halaman, Slug, Facebook Pixel Tag, dan Google Analytics Tag.

Cara Mengelola Leads Landing Page

  1. Pada bagian “Landing Page” di sebelah kiri, klik menu “Leads”. Di halaman Leads Landing Page, kamu bisa melihat daftar calon customer (leads) yang sudah mengisi formulir di landing page kamu. Leads yang belum mengisi semua data akan tetap tercatat di sini. Pada bagian “Aksi”, terdapat icon hapus untuk menghapus data leads dan icon WhatsApp untuk menghubungi leads.
  2. Setelah klik icon WhatsApp, kamu akan diarahkan untuk memulai chat dengan leads melalui WhatsApp.
  3. Untuk melengkapi data nama dan alamat leads yang belum terisi, klik icon pensil pada salah satu data. Akan muncul pop up untuk melengkapi nama dan alamat.
© 2024 PT. Selalu Siap Solusi
Made with ❤️ from Palagan, Yogyakarta