Home
Academy
Knowledge Center

Cara Kirim Banyak Paket Sekaligus

KiriminAja memiliki fitur Upload Paket untuk melakukan bulk order processing atau pemrosesan pesanan secara massal, membuat ratusan pesanan pengiriman paket bisa diproses bersamaan.

Kamu cukup melengkapi data sesuai dengan contoh (template) dokumen yang sudah disediakan dan mengunggahnya ke Dashboard KiriminAja. Yuk, simak panduan berikut tentang bagaimana caranya mengirim banyak paket sekaligus pakai KiriminAja.

  1. Masuk ke dashboard KiriminAja di https://app.kiriminaja.com/login, masukkan email yang terdaftar beserta password akun.
  2. Pada menu di sebelah kiri, klik menu “Paket Reguler” lalu pilih “Upload Paket”. Unduh dokumen template upload paket melalui tombol “Download” yang ada di sebelah kanan layar.
  3. Pada dokumen template upload paket, lengkapi data penerima meliputi nama, nomor telepon, alamat, kabupaten, kecamatan, dan kode pos.
  4. Selanjutnya, lengkapi data paket, meliputi order (isi paket), berat, dimensi, dan nilai barang. Untuk paket COD, kamu bisa mengatur nilai COD yang ditagihkan ke penerima dengan mengisi Custom COD. Nilai Custom COD harus lebih besar dari nilai barang + Ongkir + COD Fee + Asuransi (jika ada).
  5. Lengkapi jumlah item dalam paket dan catatan paket (opsional). Untuk mengisi data asuransi, pembayaran, dan kurir, klik pada sel untuk memunculkan tombol dropdown di sebelah kanan yang berisi daftar pilihan. Pilih apakah kamu ingin menggunakan asuransi (“Ya” atau “Tidak”), dan metode pembayaran (“COD” atau “Non COD”). Selanjutnya, pilih salah satu kurir pengiriman dari daftar yang tersedia.

Tambahan: Asuransi wajib aktif jika nilai barang yang dikirim melebihi nilai tertentu. Selengkapnya lihat di https://kiriminaja.com/syarat-ketentuan tentang Asuransi dan Nilai Penggantian Barang (jika hilang/rusak), pada poin K & L.

  1. Pada halaman “Upload Paket”, pastikan data “Alamat Pick Up” telah sesuai, lalu upload dokumen paket dengan cara pilih file atau letakkan di tempat yang tersedia. Pastikan format dokumen adalah XLSX, XLS, atau CSV, dan ukuran file tidak lebih dari 10 MB.
  2. Setelah dokumen berhasil di-upload, data paket akan muncul di dalam tabel. Jika terdapat paket yang data alamatnya belum lengkap atau data kurirnya belum dipilih, akan muncul keterangan di dalam tabel. Untuk melengkapi data alamat, klik pada kolom pencarian di bawah nama penerima, lalu masukkan kecamatan penerima.
  3. Untuk melengkapi data kurir, klik tombol “Pilih Kurir” untuk memunculkan daftar pilihan kurir yang tersedia. Klik pada kurir yang ingin kamu gunakan, lalu klik tombol “Pilih”.
  4. Setelah semua data sudah lengkap, kamu bisa memproses paket agar masuk ke halaman “Proses Paket”.
  5. Pilih paket yang ingin kamu proses dengan mencentang box di sebelah kiri baris. Bisa satu saja, bisa beberapa, atau seluruh paket yang tampil di layar. Jika sudah memilih, terdapat tombol melayang di bawah layar, klik “Proses Paket”.
  6. Akan muncul pesan konfirmasi untuk memproses paket, klik tombol “Proses”.
  7. Selanjutnya, klik tombol “Mengerti” pada pesan konfirmasi bahwa paketmu sudah berhasil diproses.
  8. Untuk memastikan paketmu sudah masuk ke halaman “Proses Paket”, klik menu “Proses Paket” yang ada di samping kiri. Selanjutnya kamu bisa melakukan proses paket COD atau pembayaran paket Non-COD. Lihat: Cara Kirim Paket COD Melalui Dashboard (mulai poin ke-6) atau Cara Bayar Paket Non-COD Melalui Dashboard.
  9. Jika masih terdapat langkah yang kurang jelas, kamu bisa bertanya melalui WhatsApp Customer Service KiriminAja di sini.
© 2024 PT. Selalu Siap Solusi
Made with ❤️ from Palagan, Yogyakarta