Home
Academy
Knowledge Center

Panduan Beranda Dashboard Baru KiriminAja

Beranda Dashboard Baru KiriminAja menampilkan ringkasan informasi tentang saldo, paket COD, status pengiriman, kendala pengiriman, hingga tiket bantuan. Beranda ini dilengkapi dengan grafik dan data statistik yang mudah dipahami.

Yuk, eksplor lebih lanjut tentang informasi apa saja yang bisa kamu temukan di beranda.

A. Ringkasan Saldo

Ringkasan Saldo menunjukkan total saldo aktif yang bisa kamu tarik ke rekening, saldo estimasi dari paket yang sedang dikirim, hingga pengeluaran ongkir untuk memantau keuangan kamu.

  1. Total Saldo Aktif terdiri dari nilai barang COD yang sudah dibayarkan, klaim paket, pendapatan dari afiliasi Ajak Kirim, dan penyesuaian ongkos kirim.
  2. Tarik Saldo merupakan tombol untuk menarik saldo aktif ke rekening kamu.
  3. Riwayat merupakan tombol untuk mengakses halaman Riwayat Saldo.
  4. Estimasi terdiri dari nilai pencairan COD dan cashback dari paket yang sedang dikirim.
  5. Belum di Kurir merupakan estimasi nilai pencairan COD dari paket yang belum diproses oleh ekspedisi.
  6. Klaim Berhasil merupakan nilai klaim paket yang berhasil disetujui dan sudah masuk ke saldo aktif.
  7. Tagihan COD Advance menunjukkan nilai COD Advance yang belum lunas terbayar. Sedangkan Dicairkan menunjukkan nilai COD Advance yang sudah dicairkan ke rekening kamu. COD Advance adalah fitur untuk mencairkan hingga 50% dana COD saat paket diterima ekspedisi.
  8. Pengeluaran Ongkir menunjukkan nilai ongkos kirim yang kamu bayarkan selama menggunakan KiriminAja.

B. Seputar KiriminAja

Seputar KiriminAja menampilkan informasi terbaru dari KiriminAja, termasuk notifikasi tentang pengiriman atau ekspedisi, serta fitur-fitur baru yang bisa kamu gunakan.

C. Ringkasan Paket COD

Ringkasan Paket COD menunjukkan nilai COD dan jumlah paket COD dalam kurun waktu sesuai filter yang dikelompokkan berdasarkan beberapa status pengiriman.

  1. Filter Periode Statistik adalah fitur yang memungkinkan kamu menentukan periode waktu (antara 8-31 hari) untuk menampilkan data Ringkasan Paket COD sesuai jangka waktu yang dipilih.
  2. Belum di Ekspedisi menunjukkan nilai COD dari paket COD yang belum diproses oleh ekspedisi.
  3. Proses Pengiriman menunjukkan nilai COD dari paket COD yang sedang dalam perjalanan ke alamat tujuan.
  4. Sampai Tujuan menunjukkan nilai COD yang sudah dibayarkan oleh pelanggan saat paket COD sampai tujuan.
  5. Kendala Pengiriman menunjukkan nilai COD dari paket COD yang membutuhkan tindakan dan dipantau karena mengalami kendala pengiriman.
  6. Total Retur menunjukkan nilai COD dari paket COD yang dikembalikan oleh pelanggan karena barang yang dikirim tidak sesuai atau rusak.

D. Ringkasan Paket Reguler

Ringkasan Paket Reguler menunjukkan total paket reguler dalam kurun waktu sesuai filter dan dikelompokkan berdasarkan beberapa status pengiriman.

  1. Filter Periode Statistik adalah fitur yang memungkinkan kamu menentukan periode waktu (antara 8-31 hari) untuk menampilkan data Ringkasan Paket Reguler sesuai jangka waktu yang dipilih.
  2. Total Paket menunjukkan gabungan jumlah paket reguler berstatus Proses Pengiriman, Kendala Pengiriman, Sampai Tujuan, Total Retur, dan Dibatalkan. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar semua paket di halaman Riwayat Paket Reguler.
  3. Proses Pengiriman menunjukkan jumlah paket reguler yang sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi tujuan. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Proses Pengiriman” di halaman Riwayat Paket Reguler.
  4. Kendala Pengiriman menunjukkan jumlah paket reguler yang membutuhkan tindakan dan dipantau karena mengalami kendala pengiriman. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Kendala Pengiriman” di halaman Riwayat Paket Reguler.
  5. Sampai Tujuan menunjukkan jumlah paket reguler yang sudah diterima oleh pelanggan di lokasi tujuan. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Sampai Tujuan” di halaman Riwayat Paket Reguler.
  6. Total Retur menunjukkan jumlah paket reguler yang dikembalikan oleh pelanggan karena barang yang dikirim tidak sesuai atau rusak. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Proses Retur” di halaman Riwayat Paket Reguler.
  7. Dibatalkan menunjukkan jumlah paket reguler yang batal kamu kirim atau dibatalkan oleh pelanggan. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Batal & Dibatalkan” di halaman Riwayat Paket Reguler.
  8. Tampilkan Grafik merupakan tombol untuk menampilkan grafik jumlah paket reguler per hari.
  9. Grafik merupakan grafik jumlah paket per hari, sesuai dengan data yang ada di halaman Riwayat Paket Reguler.

E. Paket Tidak Ada Update

Paket Tidak Ada Update menunjukkan jumlah paket yang statusnya tidak berubah dalam kurun waktu 4-7 hari, 8-30 hari, dan > 30 hari. Kamu bisa klik pada masing-masing kurun waktu untuk mengakses daftar paket yang statusnya tidak ada update.

F. Paket Perlu Tindakan (Undelivery)

Paket Perlu Tindakan (Undelivery) adalah fitur untuk menindaklanjuti dan memantau paket yang mengalami kendala pengiriman.

  1. Butuh Direspon menunjukkan jumlah paket yang baru mengalami kendala pengiriman dan membutuhkan bantuan kamu untuk segera ditindaklanjuti. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Baru” di halaman Paket Undelivery.
  2. Diproses menunjukkan jumlah paket bermasalah yang sedang diproses ulang oleh ekspedisi. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Proses” di halaman Paket Undelivery.
  3. Ditutup menunjukkan jumlah paket bermasalah yang sudah berhasil diterima oleh pelanggan. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Ditutup” di halaman Paket Undelivery.
  4. Kedaluwarsa menunjukkan jumlah paket bermasalah yang belum berhasil dikirim hingga melebihi batas waktu. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar paket berstatus “Expired” di halaman Paket Undelivery.

G. Klaim (Rusak, Hilang, Over SLA, Breach)

Klaim (Rusak, Hilang, Over SLA, Breach) adalah fitur untuk mengajukan klaim atas paket yang mengalami kendala dalam pengiriman.

  1. Dibuat menunjukkan jumlah klaim yang baru kamu ajukan dan belum diproses oleh KiriminAja. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar klaim berstatus “Klaim Dibuat” di halaman Klaim Paket.
  2. Diproses menunjukkan jumlah klaim yang sedang diproses oleh KiriminAja. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar klaim berstatus “Klaim Diproses” di halaman Klaim Paket.
  3. Berhasil menunjukkan jumlah klaim yang berhasil disetujui. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar klaim berstatus “Klaim Berhasil” di halaman Klaim Paket.
  4. Ditolak menunjukkan jumlah klaim yang gagal disetujui dan dapat kamu ajukan kembali dengan cara membuat tiket ke Customer Service. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar klaim berstatus “Klaim Ditolak” di halaman Klaim Paket.

H. Tiket Bantuan

Tiket Bantuan adalah fitur untuk mengirim pertanyaan, kritik, maupun saran, dan melaporkan kendala kepada Customer Service.

  1. Filter Periode Statistik adalah fitur yang memungkinkan kamu menentukan periode waktu (antara 8-31 hari) untuk menampilkan data Tiket Bantuan sesuai jangka waktu yang dipilih.
  2. Buat Tiket merupakan tombol untuk mengakses halaman Tiket Bantuan.
  3. Menunggu Jawaban menampilkan jumlah tiket yang baru dibuat. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar tiket berstatus “Baru” di halaman Tiket Bantuan.
  4. Dalam Penanganan menampilkan jumlah tiket yang sedang diproses oleh Customer Service. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar tiket berstatus “Dibuka” di halaman Tiket Bantuan.
  5. Selesai menampilkan jumlah tiket yang sudah selesai diproses oleh Customer Service. Kamu bisa klik pada bagian ini untuk mengakses daftar tiket berstatus “Ditutup” di halaman Tiket Bantuan.
© 2024 PT. Selalu Siap Solusi
Made with ❤️ from Palagan, Yogyakarta